Kamis, 31 Januari 2008

SMPN 2 Ciamis Siap Berbagi


Kemajuan dan berbagai prestasi yang diraih SMPN 2 Ciamis, bukan hanya untuk dinikmati warga sekolah tersebut, namun juga untuk siapapun. Itu sebabnya sekolah ini siap dikunjungi dan berbagi pengalaman dengan piihak manapun. Hal itu diungkapkan wakasek SMPN 2 Yoyo Wartoyo, S.Pd.
SMPN 2 Ciamis yang merupakan pelopor SMP Bertaraf Internasional pertama di Kabupaten Ciamis, menurut Yoyo, menerapkan disiplin dan tradisi berprestasi sebagai esensi visi sekolah tersebut.
"Visi harus dikomitmenkan agar membudaya dalam tataran manajemen, suara hati, dan gerak langkah totalitas warga sekolah." Kata Yoyo.
Meski demikian, hingga saat ini sekolah ini mencari dan terus mencari, mulai dari penataan, sampai pada kola-borasi meracik konsep, model, analogi, dan optimalisasi segenap potensi.
"Untuk mencapai hasil seperti sekarang saja didapat bukan hal yang mudah dan spekulatif. Benar- benar berkat perjuangan panjang yang terus dilakukan warga sekolah dengan dukungan penuh komite sekolah yang diketuai Sahlan Effendi." Jelas Yoyo.
Bila diamati, perjalanan sekolah ini memang begitu dinamis. Dimulai dari sekolah model diawal tahun 2000-an, Sekolah Standar Nasional, sekolah model lingkungan (Adiwiyata), hingga kini SBI.
"Kami menerapkan format sekolah berbudaya ramah lingkungan dengan penataan lokasi hijau dan pembuatan taman-taman kelas menuju sekolah sehat." Ujar Yoyo.
Sekolah ini memiliki 49 guru, 795 orang siswa dengan 58 orang kelas SBI dan 44 orang kelas akselerasi. Sedangkan manajemen kurikulum menggunakan moving student semester class. Terdapat pula fasilitas kamera pemantau KBM, komunikasi radio Defas FM 107, 9, pembelajaran pun ditunjang oleh 26 cabang ekskul dan kursus bahasa Inggris. Semua itu untuk memfasilitasi hobi dan aktivitas siswa khususnya dalam implementasi fullday’s school activity.
"Kami berharap seluruh warga sekolah dan siapapun yang berkun-jung ke sekolah kami akan merasa nyaman, betah dan mau berbagi pengalaman!" kata Yoyo.
Beragam Prestasi
Beragam prestasi diraih SMPN 2 Ciamis. Diantaranya juara 1 Karya Ilmiah Remaja, Harapan 1 Karya Ilmiah Nasional, juara 1 Renang Tingkat Provinsi, juara Silat Popwilnas, Juara Putsal, Senam Ritmik, dan seabreg prestasi lainnya.
Dalam tataran manajemen dan kelembagaan serta kepemimpinan kepala sekolahnya, sekolah ini diantarnya menerima penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional, kepala sekolah Berprestasi Tingkat Nasional hingga dihadiahi uang pembinaan, kunjungan ke Perth Australia, Beijing, dan baru- baru ini ke Malaysia untuk mengikuti Diklat SBI.
"Kami mencoba mengkolaborasi model-model manajemen baik dalam maupun luar negeri untuk mengoptimal-kan segala potensi. Segenap warga sekolah berkomitmen dalam menjalan-kan visi, berinovasi, dan mencapai prestasi. Jika ada hal yang sekiranya bermanfaat bagi siapapun yang berkeinginan untuk melakukan sharing, kami senang, ingin selalu mencari dan berbagai!" ungkap Kepsek SMPN 2 Ciamis, Drs.Agus Sumantri, M.Pd.
Singkatnya, di SMPN 2 Ciamis, banyak hal menarik dan berguna bagi pengembangan pendidikan, khususnya dalam tataran manajemen pengelolaan sekolah, penyelenggaraan administrasi, pembenahan organisasi, transfaransi, penataan lingkungan, dan pembudayaan kinerja profesional. Jadi, mengapa mesti jauh-jauh mencari alternatif study?
(Ayu/Ganesha)

Tidak ada komentar: