Kamis, 31 Januari 2008

Sekolah Besar, Jawara UN


Di Kabupaten Ciamis bagian utara, SMPN 1 Kawali merupakan salah satu SMP besar. Terletak di kota Kawali sekolah ini berprestasi, baik tingkat komisariat, kabupaten, bahkan propinsi.
Di bidang akdemik, pada tahun 2007 lalu SMPN 1 Kawali meraih peringkat pertama dalam UN di Kabupaten Ciamis. Dalam non akademik, seperti Porseni dan lomba-lomba selalu memperoleh banyak kejuaraan. Khusus dalam seni teater, sastra dan puisi di SMP ini banyak jagonya.
Kepala SMPN 1 Kawali, Drs. Sukiwa didampingi PKS urusan Kurikulum, Mahmud Chaeruddin, S.Pd dan PKS Urusan Kesiswaan, Ijang Hidayat, S.Pd., mengatakan, mengelola SMP besar agr berkualitas ternyata tidak mudah.
"Kami semua berkomitmen untuk bisa besar dan bermutu, sebab tidak mudah mengelola sebuah sekolah jika hanya mengandalkan pada kemampuan-kemam-puan individu tanpa diberi harmonisasi dan integritas." Kata Sukiwa.
Alhasil segala sesuatu yang telah dicapai sekolah ini adalah bukti kesungguhan dan dedikasi dari seluruh warga sekolah, dukungan komite sekolah, dan kerjasama serta do’a dari warga masyarakat.
"Insya Alloh sekolah ini akan terus kami tumbuhkembangkan, terutama dalam hal mutu yang telah disepakati menjadi bagian dari visi sekolah yaitu Unggul dalam Mutu." ujar Sukiwa.
Lebih jauh Sukiwa yang juga sebagai Ketua Komisariat 2, menjelaskan bah-wa siswanya yang berjumlah 864 orang (22 rombel) dengn 47 orang guru semuanya saat ini sedang "oper gigi" untuk persiapan menghadapi UN, agar prestasi membanggakan di tahun 2007 dapat dipertahankan.
"Kami berharap dengan bersungguh-sungguh melakukan persiapan meng-hadapi UN, maka dapat mencapai target perolehan maksimal pada saat pelaksanaannya nanti," ungkapnya.
Kini ada satu lagi rihan yang segera ingin dicapi sekolah ini yakni SSN. "Lebih bangga lagi kalau sampai mampu memenuhi kriteria Sekolah Standar Nasional.Ini reward bagi kami." Kata Sukiwa.
Harapan itu bukanlah hal yang muluk-muluk, sebab dilihat dari berbagai aspek sekolah ini memang telah begitu mapan dan memiliki banyak potensi yang bisa dioptimalkan.
(Ayu/Ganesha)

Tidak ada komentar: