Kamis, 31 Januari 2008

LCC Tingkat SMP Se-Kabupaten Ciamis Digelar

Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menggelar LCC tingkat SMP se-Kabupaten Ciamis. Kegiatan yang berlangsung di Aula Disdik dibuka Kabid Dikdas, H. Nana Supriatna.Dalam sambutannya Nana menilai positif kegiatan LCC karena disamping untuk meningkatkan kualitas juga sebagai latihan untuk menghadapi ujian nanti sebab pelajaran yang masuk LCC adalah pelajaran yang akan di ujiankan.
Sedangkan menurut ketua panitia, Rakhmat Sabar, LCC ini bertujuan antara lain untuk melatih siswa untuk berpikir inovatif, kritis, cepat dan akurat, meningkatkan kemampuan siswa dalam berkompetensi di bidang keilmuan, meningkatkan kompetensi serta menambah wawasan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, Inggris, Matematika dan IPA.
"Juga meningkatkan prestasi siswa dalam meraih sukses Ujian Nasional. Mereka diharapkan dapat bersaing dan menjadi juara dalam kegiatan lomba pada tingkat yang lebih tinggi." Kata Rakhmat.
Peserta lomba LCC berjumlah 16 regu perwakilan dari 8 komisariat yang merupakan juara 1 dan 2 di masing-masing komisariatnya. Berikut daftar nama-nama sekolah yang mengikuti LCC : komisariat 1 diwakili oleh SMPN 2 dan SMPN 4 Ciamis. Komisariat 2 diwakili oleh SMPN 1 Lumbung dan SMPN 1 Kawali. Komisariat 3 diwakili oleh SMPN 1 Panumbangan dan SMPN 1 Cikoneng. Komisariat 4 diwakili oleh SMPN 4 Rancah dan SMPN 1 Cisaga. Komisariat 5 diwakili oleh SMPN 1 Purwodadi dan SMPN 1 Lakbok. Komisariat 6 diwakili oleh SMPN 2 Pamarican dan SMPN 1 Banjarsari. Komisariat 7 diwakili oleh SMPN 1 Kalipucang dan SMPN 1 Padaherang dan Komisariat 7 diwakili oleh SMPN 1 Parigi dan SMPN 1 Pangandaran.
Kegiatan yang dibiayai oleh APBD Kabupaten ini berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan panitia pelaksana yang merupakan pengurus MGMP tingkat Kabu-paten mata pelajaran Bahasa Indo-nesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA dan dibantu oleh para pe-ngawas.Acara yang berlangsung 4 babak putaran, yang pada setiap putarannya dipilih satu juara untuk bisa lolos ke babak final.Adapun peserta yang maju ke babak final yaitu SMPN 2 Ciamis, SMPN 1 Lumbung, SMPN 1 Padaherang dan SMPN 1 Panumbangan.
Dengan persaingan yang cukup ketat namun sehat, akhirnya keluar sebagai juara 1 SMPN 1 Panumba-ngan dengan perolehan nilai 1275, juara 2 diraih oleh SMPN 2 Ciamis dengan nilai 1100 yang sebelumnya mesti berebut nilai karena perole-hannya sama dengan SMPN 1 Lumbung yang akhirnya jadi juara 3 sedangkan SMPN 1 Padaherang harus puas di juara ke 4 dengan perolehan nilai 850. Harapan 2 diraih oleh SMPN 4 Ciamis dan SMPN 1 Parigi juara harapan 3.Acara yang disiarkan oleh 106,5 DIK’S FM Ciamis ditutup oleh Kabid Dikdas sekaligus menyerahkan piala, tropy dan uang pembinaan kepada para juara.
(Ayu/ Ganesha).

Tidak ada komentar: