Minggu, 08 Juli 2012

Jadwal PLPG Belum Jelas, Para Guru Kian Penasaran


Uji Kompetensi Awal (UKA) guru hasilnya sudah diumumkan beberapa bulan lalu. Kini tiba giliran para guru yang lulus UKA mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2012.  Benarkah jadwalnya belum jelas?
…………………………….
Sama halnya dengan UKA, PLPG 2012 juga dikomandoi oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
Kepala BPSDMP-PMP kemendikbud Syawal Gultom mengatakan pada pertengahan bulan April lalu pihaknya telah menandatangani kontrak pelaksanaan PLPG dengan seluruh LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan). Kontrak ini perlu mengingat LPTK adalah fihak yang terlibat dalam pelaksanaan PLPG.
Setelah kontrak diteken seluruh guru yang lulus UKA 2012 siap untuk dididik dan dilatih, menurut Gultom durasi PLPG ditetapkan 90 Jam dan akan berlangsung dalam sembilan hari dan kegiatan ini tidak dipungut biaya bahkan peserta akan diberikan uang makan. Selain itu akan dipersiapkan tempat penginapan di masing-masing LPTK.
Sesuai dengan hasil UKA yang dilaksanakan akhir Februari lalu jumlah peserta PLPG adalah 249.001 orang. Diakhir masa PLPG akan diadakan Ujian Kompetensi Akhir, bagi peserta yang lulus akan mendapatkan.

Peserta yang Gagal UKA
Bagi peserta yang gagal UKA kemendikbud sudah menyiapkan beberapa langkah, diantaranya bagi peserta yang tidak Lulus UKA akan mengikuti Diklat Khusus. Jika Guru yang tidak Sertifikasi pendidik profesional dan berhak memperoleh tunjangan profesi pendidik (TPP). Bagi yang belum lulus harus mengikuti PLPG susulan.
Jika berhasil lulus Diklat Khusus, maka tahun depan yang bersangkutan tidak perlu ikut UKA lagi dan bisa langsung ikut PLPG periode 2013. Sebaliknya bagi yang tidak lulus diklat khusus tahun depan harus ikut UKA lagi sebagai saringan masuk PLPG.

PLPG Harus Matang
Sebagaimana diketahui, jika dilihat dari kualifikasi pendidikan, mendikbud Muhammad Nuh, mengatakan bahwa  211.858 peserta UKA tempo lalu merupakan lulusan S1, 34.614 peserta lulusan D2, 19.039 orang guru lulusan SMA, dan sisa lainnya lulusan SMP, SMA, D1, D3, S2 dan S3. “Dari ratusan ribu guru yang mengikuti uji kompetensi yang lulusan S3 hanya 9 orang. Tapi mungkin saja jurusan S3 yang diambil bukan jurusan pendidikan,” kata Nuh.
Dengan adanya hasil tersebut, Nuh menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil distribusi nilai UKA 2012 perlu dirancang secara khusus untuk pendidikan dan latihan guru dalam rangka sertifikasi serta perencanaan yang matang.
“Yakni, mulai dari metodologi dan materi agar kompetensi guru setelah mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) memperoleh hasil yang signifikan,” tukasnya.

Jadwal Belum Jelas (?)
Sementara itu, di daerah hingga kini para guru masih belum mendapat kejelasan kapan pelaksanaan PLPG dimulai. Berdasarkan pantauan Ganesha, para guru Kabupaten Ciamis akan mengikuti PLPG di beberapa rayon.  Ada yang dekat ada pula yang cukup jauh.
Berdasarkan pengumuman dari BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui http://sergur.kemdiknas.go.id/, guru TK akan mengikuti PLPG di Rayon 110 UPI Bandung, guru-guru SD  sebagian besar akan mengikuti PLPG di Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta dan sebagian kecil di Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
Untuk guru SMP mereka akan mengikuti PLPG di Unsil Tasikmalaya dan UPI Bandung. Guru SMA di UPI Bandung dan Unsil Tasikmalaya, guru SMK  juga di UPI Bandung dan Unsil Tasikmalaya, sedangkan guru SLB di UPI Bandung. 
Kepala BPSDMP-PMP kemendikbud Syawal Gultom, mengatakan sekitar awal Juni 2012 PLPG dimulai, namun justru sejak pertengahan Mei 2012, sudah ada beberapa Rayon yang memulai PLPG.
Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta misalnya memulai PLPG gelombang I pada tanggal 19-28 Mei 2012 dan gelombang 2 pada tanggal  30 Mei – 8 Juni 2012. Gelombang 3 direncanakan tanggal 11 – 20 Juni 2012. Gelombang 4 tanggal 22 Juni- 1 Juli, gelombang 5 tanggal 3-12 Juli, gelombang 6 tanggal 14-23 Juli, gelombang 7 tanggal  25 Juli- 3 Agustus dan gelombang 8 tanggal 6-15 agustus 2012.
Jadwal PLPG di rayon 111 UNY gelombang 1-2, pesertanya baru guru-guru di wilayah provinsi Yogyakarta. Meski jadwal tersebut sudah ada, untuk kabupaten Ciamis belum ditentukan akan masuk pada gelombang yang mana. Itu sebabnya banyak guru penasaran. 
Anikah Soraya, · Guru Kelas di SLB Sindangsari misalnya mempertanyakan hadwal pasti kapan guru Ciamis mengikuti PLPG di rayon UNY. Guru lain juga sama.
“Saya mohon dengan sangat, jadwal PLPG untuk Kab. Ciamis segera ditayangkan, biar jelas,” kata guru lainnya, Hamim Mulyana. 
Tbagus SN asal Rancah, juga mempertanyakan jadwal PLPG guru Ciamis. “Kapan ya?” tanyanya.  
Hingga laporan ini diturunkan, dari Rayon UPI Bandung juga belum ada informasi khusus terkait Jadwal PLPG. Untuk Rayon 136 Unsil juga demikian. 
Menanggapi banyaknya pertanyaan jadwal PLPG, Disidik Kabupaten Ciamis, juga belum memberikan keterangan resmi. Kepala Sub Bagian Kepegawaian Dinas Pendidikan Kab Ciamis Drs. U. Sukiman pun mengaku belum menerima jadwal pasti untuk PLPG Kabupaten Ciamis. 
“Kami juga masih menunggu jadwal dari beberapa Perguruan Tinggi, jadi para guru mohon bersabar,” ujarnya.  
(agus ponda/ganesha/dnt)

Tidak ada komentar: