Jumat, 19 November 2010

Hal-Hal Terburuk di Tahun 2010

Tahun 2010 akan segera usai. Hanya sekitar satu setengah bulan lagi, 2011 akan datang. Sepanjang tahun 2010 ternyata banyak peristiwa yang terjadi di Indonesia sebagai peristwa yang buruk bahkan terburuk, mulai dari bencana alam, peristiwa asusila, hingga prestasi olahraga. Berikut catatan Redaksi tentang beberapa peritiwa buruk di Tahun 2010 hingga bulan Oktober, dirangkum dari berbagai sumber. Semoga perstiwa buruk tersebut tidak terjadi lagi di tahun depan dan hidup kita bakal lebih baik di tahun 2011.
..........................................
1.Pelanggar HKI Terburuk
Lembaga pemantau yang berkantor di Hong Kong, Political and Economic Risk Consultancy atau PERC, menerbitkan hasil surveinya yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah pelanggar hak kekayaan intelektual atau HKI yang terburuk di Asia. PERC menanyai 1.285 manajer ekspatriat dalam rentang waktu Juni sampai pertengahan Agustus 2010. Hasil survei itu menempatkan Indonesia pada angka 8,5 dari angka maksimum 10 yang berarti menduduki posisi teratas di antara 11 negara lain di kawasan. Di bawah Indonesia ada Vietnam (8,4), Cina (7,9), Filipina (6,8), India (6,5), Thailand (6,1) dan Malaysia (5,8). Singapura adalah negara terbaik di Asia dalam hal penghormatan terhadap intelectual property rights (IPR) –hak kekayaan intelektual.

2.Skandal Artis
Di tahun 2010 Indonesia juga diguncang skandal perbuatan amoral dan asusila artis penyanyi, bintang iklan, presenter dan pemain film.Skandal ini diniai terburuk sepanjang massa dan telah mencoreng citra Indonesia di dunia Internasional sebagai negara Islam terbesar di dunia.

3.Asap Kebakaran Hutan
Pembukaan hutan secara ilegal di Pulau Sumatera Indonesia dengan cara membakar hutan, telah menimbulkan asap yang terburuk dalam 4 tahun terakhir ini. Secara tak sengaja, Indonesia telah mengirimkan asap ke Selat Malaka Malaysia dan Singapura. Hal ini telah menyebabkan polusi udara terburuk sejak tahun 2006.
Meskipun janji antar pemerintah untuk mence-gah kebakaran telah dibuat, tetapi kabut asap masih tak dapat dihindari. Kerajaan Malaysia menutup banyak sekolah dengan meliburkan murid sekolah-nya yang terdapat di Johor dan Malaka.
“Ini bukan pertama kalinya bahwa kita telah memberitahu Indonesia, bahwa mereka harus memperhatikan titik panas di Sumatera dan Kalimantan,” kata Menteri Lingkungan Hidup Singapura Yaacob Ibrahim. Tapi walau bagaimana pun, hutan Indonesia telah memberi udara segar selama hampir sepanjang tahun. Asap yang hanya beberapa minggu itu jadi sangat mengganggu karena sudah terbiasa dengan kiriman udara segar dari Indonesia.

4.Birokrasi Terburuk Kedua
Political and Economic Risk Consultancy (PERC), sebuah perusahaan konsultan yang mengkhususkan diri pada informasi bisnis stra-tegis dan analisis untuk perusahaan-perusahaan melakukan bisnis di negara-negara di Asia Timur dan Asia Tenggara, di awal tahun 2010 ini telah melakukan sebuah survey, review, dan peme-ringkatan terhadap sistem birokrasi di 12 negara di Asia. Survey ini dilakukan dengan melakukan interview/wawancara pada 1.373 expatriat (tenaga kerja asing) eksekutif tingkat menengah dan senior. Dari hasil survey ini, dibuatlah peringkat birokrasi di 12 negara Asia tersebut dari mulai yang paling buruk (peringkat 1) sampai yang terbaik (pering-kat terakhir). Indonesia menjadi negara dengan birokrasi terburuk nomor dua setelah India. Salah satu alasan mengapa Indonesia sukar memperbaiki praktek korupsi adalah ketidaktegasan presiden dalam berurusan dengan birokrat dan politisi korup.

5. Judul Film Indonesia Terburuk
Di tahun 2010 dunia film Indonesia, secara kualitas kurang menggembirakan. Tahun ini banyak muncul film-film yang jauh dari unsur pendidikan atau pesan moral, bahkan lebih menjurus, hal-hal mistik, irrasional, atau cabul. Teratat belasan judul film terburuk tahun 2010, seperti Terowongan Casablanca,Pocong VS Kuntilanak, Mendadak Dangdut, Namaku Dick, Buruan Cium Gw, Sst Jadikan Aku Simpanan, Mengejar Mas Mas, Anda Puas Saya Loyo, Maaf Saya Menghamili Istri Anda, Mas Suka Masukin Aja, Hantu Binal Jembatan Semanggi, Darah Janda Kalong Wewe Nafsu Pocong, Hantu Jamu Gendong, Suster Keramas, Hantu Puncak Datang Bulan, Pocong Kamar Sebelah,Pijat Atas Tekan Bawah.
Film-film itu banyak diprotes warga masyarakat dan lembaga keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia. Hanya satu dua saja film yang dinilai baik. Kualitas film Indonesia masih kalah dengan negara tetangga seperti Singapura, Thailand, atau Filipina.
Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wa-cik mengakui ada film yang telah lahir dari krea-tivitas anak negeri, menurutnya, cukup mendi-dik. Namun tak dapat ia pungkiri, masih terdapat juga film yang ingin mengkacaukan pendidikan bangsa. Hal itu menurutnya akan dijadikan pela-jaran untuk membuat film yang lebih mendidik.

6.Momen Terburuk 80 Tahun PSSI
Kekalahan memalukan timnas U-23 dari Laos menjadi momen terburuk.Stadion Chao Anouvong, Vientiane, Laos, pada Senin (7/12) silam, telah melahirkan mimpi buruk sepakbola Indonesia, setelah tuan rumah mempermalukan timnas U-23 Indonesia dengan skor 2-0. Kekalahan dari Laos di babak penyisihan grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 2009 itu menjadi momen terburuk, karena untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Indonesia dikalahkan Laos, negara yang selama ini selalu menjadi lumbung gol bagi Indonesia.
Pada pertandingan persahabatan dengan Uruguay, Jumat (8/10/2010) di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, timnas Indonesia kalah telak 7-1 dari finalis Piala Dunia, Uruguay. Menteri Pemuda dan Olah-raga Andi Mallarangeng mengakui ketidaksetaraan kemampuan tim sepak bola Indonesia dibanding Uruguay. Kemampuan Indonesia jauh di bawah kemampuan tim sepak bola Uruguay. "Kita seperti anak SD lawan anak SMA. Tidak pas sebenarnya," kata Andi. Atas buruknya prestasi sepakbola Indonesia banyak pihak meminta Ketua Umum Nurdin Halid lengser, namun Nurdin tak bergeming.

7.Banjir Wasior, Banjir Terburuk
Jumlah korban tewas banjir bandang di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat hingga Kamis (21/10) pagi telah mencapai 161 orang, sedangkan 146 orang lainnya dinyatakan hilang.
“Jumlahnya naik satu orang, seorang korban ditemukan tadi malam di wilayah Wasior,” kata Koordinator Penanggulangan Banjir Wasior, Letnan Kolonel Kav Edward Sitorus, Kamis.
Untuk pencarian korban, Kamis (20/10) hari ini akan dilanjutkan di sejumlah titik termasuk di Sanduai. “Intensitas pencarian sudah kami turunkan, kami lebih banyak mendapat laporan warga kalau ada yang ditemukan,” ujarnya.
Sementara itu kondisi Wasior hingga hari ini sudah mulai pulih. “Perlahan-lahan kembali normal, aktivitas warga juga sudah mulai seperti dulu,” kata Edward.
Banjir banding air bah yang disertai Lumpur dan pohon, menerjang Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat pada Senin (4/10) lalu. Air bah seperti tsunami yang turun dari gunung Wondiboi ini meluluhlantakan perumahan pen-duduk. Ribuan arsip daerah dan dokumen penting pemerintah hanyut terbawa banjir saat itu.

8.Letusan Merapi
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, menyatakan letusan Merapi pada bulan Oktober 2010 merupakan bencana terburuk Merapi sejak 1870 atau dalam waktu 100 tahun."Letusan Merapi tahun ini dapat dikatakan terburuk sejak 1870 karena saat ini sebanyak 32 desa dengan jumlah penduduk lebih dari 70.000 jiwa direkomendasikan harus mengungsi karena berada dalam zona berbahaya," kata Surono didampingi Kepala Badan Geologi Sukhyar di Yogyakarta..
Sebanyak 32 desa yang direkomendasikan mengungsikan warganya terdiri atas 17 Desa di Kabupaten Magelang, Klaten empat desa, Boyolali tiga desa dan di Kabupaten Sleman ada delapan desa."Saat ini Gunung Merapi dalam kondisi krisis, selain ditandai dengan letusan ekplosif jarak luncur awan panas terjauh mencapi 11,5 Kilometer (Km) di kali Bebeng dan di tempat lain jarak luncur awan panas mencapi 11 Km di Kali Putih, 10 Km di Kali Boyong dan 9,5 Km di Kali Gendol," katanya. Ia mengatakan, awan panas yang keluar dari puncak Merapi saat ini juga sudah mencapai ketinggian lebih dari 10 Km. "Ini kejadian yang mungkin baru kami alami sejak dari catatan sejarah 1870-an," katanya.

9.Tsunami Mentawai
Satu-satunya tsunami yang terjadi di Indonesia tahun 2010, justru menjadi bencana alam yang sangat mengerikan bagi Indonesia. Jumlah korban meninggal akibat gempa dan tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, hingga Jumat, 12 November 2010, mencapai 461 orang. Sementara orang hilang 43 orang. Gempa 7,2 Skala Richter yang menyebabkan tsunami 25 Oktober 2010 itu juga mengakibatkan 545 rumah warga rusak berat, 204 rusak ringan, 8 rumah ibadah rusak berat. Terjangan tsunami juga merubuhkan 7 unit jembatan, 7 unit sekolah, 7 rumah dinas, dan memporak-porandakan 2 resor wisata.

10.Kegagalan PK Bibit-Chandra
Di bidang hukum Putusan MA yang tidak menerima PK praperadilan pada SKPP dinialai sebagai hadiah buruk bagi SBY. "Penolakan MA atas Bibit-Chandra adalah hadiah terburuk setahun rezim SBY untuk pemberantasan korupsi bagi rakyat Indonesia," kata Fadjroel, (9/10/2010).
Keinginan pemerintahan SBY dalam membe-rantas korupsi salah satunya adalah mengusaha-kan secara maksimal agar tidak ada kriminalisasi pada pimpinan KPK. Namun, faktanya kasus yang menjerat Bibit-Chandra terus berlangsung. Bahkan keduanya terancam disidangkan. "Keti-daktegasan SBY membela KPK akhirnya meng-hancurkan lembaga KPK," jelas Fadjroel. Fadjroel mengungkapkan, fakta terbaru tentang putusan PK praperadilan pada SKPP tersebut harus membuat publik kembali berada di garis depan untuk kembali membela KPK, membebaskan Bibit-Chandra, dan melawan siapapun yang merekayasa penghancuran KPK. "Saatnya melawan rekayasa hukum, saatnya Indonesia bebas korupsi," tegasnya.
(gns/ dr berbagai smbr)

Tidak ada komentar: